Toko Buku Jogja

Buku Metode Resistivitas Geolistrik untuk Investigasi Potensi dan Kualitas Airtanah

Nama Penulis :NUR ISLAMI

AZHAR

MITRI IRIANTI

Judul Buku : Metode Resistivitas Geolistrik untuk Investigasi Potensi dan Kualitas Airtanah

Nama Penerbit : Penerbit KBM Indonesia

Buku referensi ini membahas tentang penggunaan metode resistivitas geolistrik yang didukung oleh metode karakterisasi tanah dan analisa fisika-kimia air tanah untuk mengkaji potensi dan kualitas airtanah. Buku ini ditulis dalam tujuh bab. Ketujuh Bab tersebut merupakan serangkaian pembahasan yang saling mendukung. Bab pertama, menjelaskan latarbelakang penulisan buku ini. Dimana pentingnya air yang bersih bagi kehidupan dan juga jenis-jenis kontaminant air secara umum telah dipaparkan pada bab pertama.

Pada bab kedua didiskusikan sifat fisika tanah yang hubungannya dengan kemampuan tanah dalam menyimpan air pada pori-porinya. Tanah memiliki pori-pori yang mana besarnya pori tersebut akan sangat bergantung pada kondisi pengendapan tanah tersebut, tanah memeliki ukuran butir tersendiri dan sebagainya. Pada bab kedua juga dibahas mengenai metode untuk menganalisa karakter tanah juga dibahas, dimulai dari konsep fisika, jenis peralatan yang digunakan, bagaimana melakukan penyamplingan data, serta bagaimana melakukan pengolahan sampel tanah tersebut.

Pada Bab ketiga, pembahasan difokuskan pada karakter fisika dan kimia airtanah. Dimulai dari bagaimana pembentukan airtanah, bagaimana airtanah bisa tersimpan dalam aquifer, standar fisika dan sifat kimia air tanah dalam hubungannya dengan standar yang diizinkan untuk di konsumsi oleh manusia yang di keluarkan oleh Word Heath Organization (WHO). Pembahasan pada bab tiga ini akan didukung dengan metode geokimia untuk menganalisa karakter airtanah. Metode penyamplingan airtanah yang betul juga dibahas pada bab ini yang dilanjutkan dengan metode analisa pada lapangan dan pada laboratorium.

Bab empat, akan membahas tentang metode resistivitas geolistrik. Bab ini memberikan penjelasan tentang penggunaan metode geolistrik yang dimulai dari sejarah geolistrik, konsep fisika yang ada pada dasar-dasar pengoperasian metode geolistrik, bagaimana konsep pengukuran, tata cara penggunaan dan pembacaan alat, proses pengolahan data serta bagaimana cara mempresentasikan data geolistrik yang baik sehingga dapat memberikan arti fisis yang diperlukan untuk menginterpretasikan data tersebut.

Bab lima, membahas tentang sebuah studi kasus yang telah dipublikasikan pada jurnal Internasional bereputasi yang ber-impact factor. Bab ini mendiskusikan tentang penggunaan metode-metode yang telah dibahas pada bab dua tiga dan empat, dimana dilakukan explorasi pada area pertanian yang dilakukan di Malaysia pada waktu diadakannya research collaborasi dengan University of Malaya, Malaysia. Permasalahan yang terjadi pada area penelitian ini adalah adanya kandungan logam berat didalam airtanah.

Pada bab enam, dibahas penggunaan metode geolistrik, analisa fisika dan kimia airtanah, serta analisa fisika tanah untuk mendeteksi kuantitas dan kualitas airtanah yang terkontaminasi oleh intrusi air laut pada daerah di sekitar pesisir. Pada studi kasus di bab enam ini dibahas studi kasus di daerah Dumai, yang mana area penelitian ini di selimuti oleh gambut lahan basah di beberapa tempat.

Sedangkan bab terakhir pada buku ini adalah bab tujuh yaitu bab yang memberikan kesimpulan dari buku referensi ini. Setiap metode yang dibahas pada buku ini terlihat telah memberikan kontribusi yang tepat dalam mendeteksi potensi airtanah serta dapat digunakan secara tidak langsung untuk menginterpretasi kualitas dan kwantitas intrusi air laut dalam akuifer air tanah.

Related posts

Buku Tentang Rasa

admin

CERDAS FAROIDL ILMU MAWARITS

admin

Buku Management Kaizen And Quintuple Helix

admin